Tadarus Edukatif PB PGRI

Selasa 28 Maret 2023 APKS PGRI melaksanakan acara Tadarus Edukatif  hari pertama sekaligus pembukaan langsung oleh Ketua Umum PB PGRI Prof. Dr. Unifah Rosyidi, M.Pd. secara online. Tadarus Edukatif ysng merupakan peningkatan wawasan pendidikan diikuti oleh  lebih dari 400 peserta se Indonesia di bulan suci Ramadan.

Bunda Uni pangglan akrab Ketum PB PGRI tersebut selanjutnya memaparkan materi tentang "Strategi meningkatkan kompetensi guru abad 21" dengan dipandu moderator ibu Nurwijayanti.

Dalam makalahnya beliau berharap para guru tetap belajar selain tugas pokoknya mengajar. "Jadilah guru yang selalu belajar (long life learner)", tegasnya, "untuk peradapan khususnya di dunia pendidikan".  Pendidiksn membangun potensi siswa untuk berpikir kritis dan dapat mengatasi semua persoalan yang dihadapi di era industri 4.0. Kita harus memiliki growth mindset. 

Sebagai guru, kita tidak akan tergantikan. Akan tetapi sekarang guru bukankah satu-satunya sumber belajar yang ada. Apalagi dengan kemajuan tehnologi dewasa ini, siswa sering menggunakan Artificial Inteligence (AI) yang dapat menjawab permasalahan atau soal yang diberikan dengan cepat. Demikian pula guru harus dapat mengimbanginya dengan speed learner.

Kita dapat menggunakan lingkungan sekitar  untuk belajar bagi para siswa. Tetaplah berkolaborasi dengan rekan kerja   kepala sekolah, pengawas, pemkab dan stake holder yang ada meskipun kadang-kadang ada ketidak sesuai dengan kita.

PGRI sebagai oganisasi perjuangan akan tetap berjuang dan mengawal pendidikan tanah air agar supaya dapat mensejahterakan para anggotanya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

How to give a presentation

Expressing opinion

Adjective